Waaahhh setelah sekian purnama terbit tenggelam akhirnya nulis lagiiiii.....
yups karena ini adalah moment terbaik dalam hidup ku yaah bisa dibilang turning point untuk hidupku yang kemarin sempat gak tentu arahnya mau dibawa kemana yang akhirnya banyak makannya, banyak galaunya, banyak stressnya, dan sedikit ibadahnya.
Sekarang tuh lebih yang ke tahu apa yang mau dilakukan dan apa tujuan hidup. Tapi tujuan hidupnya bukan yang se-WOW mengguncang dunia... itu lebay Euis. Anak Gen-Z tau arti lebay gak siih?? out of topic plisss
Ya udah balik lagi ke topik. Jadi apa yang menjadi titik balik kehidupan ku? Apakah menemukan pasangan? NO.. Apakah berjalan menelusuri jalan setapak kemudian menemukan Ilham? No juga. Apakah berkontemplasi terus sadar hidup tuh gak gini-gini aja Euis.. Yaah apalagi.. ya pasti enggak lah. Kebanyakan scroll IG, tiktok, dan nonton netflix kapan kontemplasinya.
Turning pointnya adalah Sakit. Dan sakit yang hanya bisa dirasakan kalau kamu perempuan. Nyeri Haid yang luar biasa sampai bisa merubah dunia ku. Nah disini aku mau buat semacar jurnal gitu tentang awal mula sakit ini bisa ketahuan sampai akhirnya pola hidup ku berubah. Supaya apa? supaya aku bisa baca lagi jikalau dia kambuh dan yaah jadi sejarah aja untuk hidupku. Bisa baca lagi anytime and anywhere.
Namana penyakitnya Endometriosis. Dia tuh semacam jaringan yang tumbuh di otot rahim yang seharusnya dia gak tumbuh disitu. Inilah yang menyebabkan sakit luar biasa kalau lagi menstruasi. Sebenarnya aku sakit dari sejak kuliah siiih. Which is udah lama beneer. Tapi tuh gak aware karena jadwal menstruasi ku masih normal. Jadi yaah paling sakit 1-2 hari selesai. Jadi gak pernah mau ke dokter untuk periksa. Tibalah masa dimana jdwal haid ku berantakan. Berikut Timelinenya...... (kok makin serius)
September - Oktober : aku gak haid. Oke lahh
November : Haid tapi dikit. Masih biasa aja mungkin faktor obat karena baru siap operasi
Desember : Gak Haid lagi. kenapa pulak ini.
Januari : Haid lagi tapi derasnya kek air hujan dimusim hujan plus sampai 18 hari belum berhenti juga. Nah disinilah aku mulai memberanikan diri untuk periksa ke dokter Obgyn
Tanggal 23 atau 24 Januari : periksa dan disitulah dokter mendiagnosa ku memiliki endometriosis dan adenomyosis.
sempat panik apa pulak sakitnya ini. Karena yang aku tahu kalau bermasalah di rahim pasti jatuhnya kista, miom, PCOS. But it's new word for me. Karena penjelasan dokternya pelan, tenang, dan jelas jadinya gak jadi panik...wkwkwkwk... Aku sih panik kalau gak ada uang aja..bingung bayar dokternya gimana...ahahhaa
Dokter menjelaskan apa-apa yang boleh dan apa-apa yang tidak boleh. So, sebenarnya belum ada yang bisa memastika penyebab endometriosis ini. Tapi dokter di seluruh dunia sepaham kalau faktor gaya hidup dari makanan sampai pola hidup dapat memicu terjadinya endometriosis ini. Walau ini tidak pasti akan dilami sama semua perempuan yang memiliki gaya hidup yang sama. Jadi maksudnya misal, Si Bunga dan si Daun 2 suka makan makanan UPF, Bakso, Seblak dan segala permicinan. Tapi bisa aja kasus ini dialami oleh si Bunga namun tidak untuk si daun. Karena imun orang berbeda-beda. Jadi plis jangan ada omongan. lhoo aku makan itu biasa aja gak kenapa... plis jangan dek yaa.. itu tuh nyakitin. jadi mending jaga omongan mu.
Oke setelah pulang dari dokter, aku langsung membuat rencana dalam hidup ku.
- Mulai stop gula, makanan manis, ultra process food, kopi plus susunya, tepung dan nasi
- Aku harus turun sampai 15 Kg untuk bisa mengurangi pertumbuhan jaringannya.
- Mulai olahraga. Kalau ini rajin siih tapi ini lebih rajin lagi.
- Gak boleh bergadang. Jadi tidur harus jam 10. Karena percuma kamu diet tapi masih suka bergadang. Nonsense gaes. Berat badan mu gak akan turun
- Makan real food. Jadi benar-benar udah membawa bekal dari rumah. Gak ada lagi ceritanya beli diluar dan makan masakan orang yang gak jelas asal-usulnya.
- Kelola stress. Gak boleh sedih-sedih lagi. Lebih singkatnya siih bodo amat dengan semuanya. As long as gak ganggu pikiran, yaa udah bodo amat.
- Cari kebahagian kita sendiri yang gak ganggu orang lain
- Postive thingking dan abaikan yang tidak penting dalam hidupmu
- Yaah bersahabat dengan keadaan. Capek gak siih menyalahkan keadaan terus. Jadi baiknya berteman aja udah. Biar bisa saling curhhat... Ahahahaha
- Yang pasti makin kuat ibadahnya... Karena ini semua sudah sesuai dengan takdir dari Allah SWT.
hari kedua lebaran, sakitnya mulai terasa kemballi. sampai hari keempat lebaran masih sakit, akhirnya kakak ku membawa ke IGD untuk dirawat. Karena sudah sama sekali gak selera makan, taunya cuma rebahan sambil menahan sakit.
Saat dirawat, aku disarankan minum pil KB.. Ya Allah Pil KB. Gak terbayang bakalan minum obat ini disaat diri ini masih gadis. Tapi entah kenapa malah darahnya berhenti keluar, dan sakitnya berkurang. Pulang doong ke rumah dengan hati ceria dan bahagia. Bukan apa-apa siih Nelandoz obat sebelumnya tuuh mahal eeh diresepkan pil KB jadinya murah meriah... yaah sumringah dong.
Namun kebahagiaan itu tidak berjalan lama. Karena 2 minggu kemudian sakit ku kembali meradang. Lagi-lagi masuk IGD karena sudah tak tertahankan. Nah kali ini dokjter obgynnya menyarankan obat yang lebih mahal yang bernama Visanne.
Tapi Insha Allah yaa Allah tuh Maha mencukupkan. Kalau rejeki kita gak akan tertukar yaah itu emang rejeki kita. Entah dari mana kayaknya uang ku untuk beli obatnya ada aja. Pakai uang halal, bukan dari korupsi, bukan juga dari sumbangan orang lain. Benar-benar uang dari rekening pribadi yang datangnya dari Allah SWT yang memberi.
Selama 1 tahun mengkonsumsi obat ini, sakitnya emang sudah baikan. Haid tidak keluar sama sekali. Karena obat ini tuh menghentikan haid yang menjadi makanan si jaringan endonya. Fyi, Endometriosis tuh gak bisa sembuh kecuali si penderita menapouse. Masalahnya menunggu aku menapouse tuh juga masih lama. Menahan sakit juga tiap bulan akan sangat menyiksa.
Dan akhirnya endometriosis ini mengajarkan ku banyak hal. Kesabaran, kekuatan, dan hidup lebih baik. Sakit ini adalah sakit hormonal yang sangat menguras emosi. Aku belajar banyak sekali dari ini semua. Mulai dari orlahraga yang rajin, makan-makanan yang sehat, sampai mengelola emosi ku agar lebih stabil. Kalau yang ini mash suka juga naik turun. Yaah maklum namanya juga perempuan. Suka gak jelas arah dan tujuan emosinya.
The last but not the least, hidup tuh emang perjalanan yang harus diisi dengan hal baik. Walau terjalnya banyak, tapi rahmat Allah jauuh lebih banyak, jika kita mampu melihatnya.
Karena sesuatu yang diberikan Allah SWT pasti bermakna untuk kita.
Wassalam
No comments:
Post a Comment