Euistory: Catch the Dream of Return to the East

Wednesday 24 August 2016

Catch the Dream of Return to the East


Desa Waerobo

Selama ini aku selalu memimpikan untuk bepergian dan tinggal di luar negri, semisal Eropa dan Amerika Serikat. Apa yang aku lihat, aku baca dan aku dengar bahwa negara-negara maju memiliki fasilitas, gaya hidup dan pendidikan yang lebih baik. Terlebih lagi pemandangan alam dan daerah wisatanya. Aku seorang yang hobi travelling dan jalan-jalan ke untuk menikmati alam. Memang, aku belum banyak menjelajahi tempat-tempat di seluruh Indonesia. Tapi keinginanku untuk ke luar negri sangat besar. Sebesar badanku yang sudah mulai menimbun lemak. Aku bahkan sudah punya passport padahal belum ada rencana ke luar negri. Hal ini memang keinginan terbesar ku untuk jalan-jalan ke luar negri.
Swiss yang sebenarnya sama dengan daerah di Nusa Tenggara Timur

Salah satu kesukaanku adalah menonton acara travelling yang mengeksplor keindahan alam dari suatu daerah ataupun suatu negara. Mata ku akan berbinar apabila host acara televisinya berada di Perancis dan membedah sisi-sisi kota Paris. Berada di sudut Kota London untuk hanya sekedar memperlihatkan Stamford Bridge atau Oxford. Bermain direrumputan bukit Gurten Swiss atau duduk manis di pinggiran Pegunungan Alpen. Atau malah berada dikeramaian Central Park, New York. Semua hal itu membuatku sangat-sangat ingin terbang kesana. What about Indonesia? Wasn't Indonesia most beautiful than the other place in the Earth? I guess? but I don't think so. Until when I watched a television program in Kompas TV. Ring of Fire Advanture explore the east. 

Selama ini aku sudah pernah ke ujung barat Indonesia yaitu Sabang yang terkenal dengan keindahan pantainya. Boleh dibaca lagi Amazing Sabang Aku juga sudah pernah ke pantai barat Sumatera yaitu Padang yang memang terkenal dengan keindahan pantai disisi kotanya. Bisa cek disini Keindahan Sumatera Barat. 
Bukit Langkisau yang ada di Painan, Sumatera Barat

Aku pun juga sudah menikmati berbagai keindahan alam di daerah ku Sumatera Utara. Dari pantai, gunung, situs sejarah, kota dan tempat lainnya. Memang Aku akui Indonesia memiliki keindahan alam yang tiada taranya. Hanya saja kadang aku masih menjumpai banyak sampah dan ketidakaturan di berbagai tempat yang ada di daerah wisata. Tempat yang kudatangi seperti representative bahwa tempat-tempat wisata di Indonesia memang seperti itu. Padahal aku percaya masih banyak tempat yang jauuuuh lebih indah dan lebih terawat di belahan bumi Indonesia lainnya.

Hal ini aku percaya karena saat melihat tayangan Ring of Fire Advanture Indonesia khususnya wilayah Indonesia Timur, aku melihat begitu eksotis, anggun dan indah pada saat bersaaman. Ibarat makanan, wilayah Indonesia Timur seperti makanan mahal yang enak, dan cantik dipandang sehingga siapa pun yang memakannya akan meninggalkan kesan tersendiri di dalamnya.
Dalam Tayangan Ring of Fire Advanture, bagaimana Youk Tanzil dan timnya mengeksplor wilayah Indonesia Timur pasti membuat iri pada siapa saja yang melihatnya. Jujur yaa aku sangat suka wisata bahari dan alam dibandingkan jalan-jalan ke mall hanya sekedar untuk nonton atau makan-makan. Hidup di alam, berenang di lautan, snorkeling, naik gunung, touring ke tempat-tempat yang masih sedikit orang kenal. Itu semua tuh adalah ha-hal yang paliing aku senangi. Pokoknya nikmati waktu mudamu untuk mengenal alam dan bepergian ke tempat-tempat yang indah. 

Karena penasaran tingkat dewa Mahabarta akhirnya searching gambar-gambar di internet, yang biasanya siih aku gak peduli gitu sama kawasan Indonesia Timur. Taunya yaa itu Bali, Raja Ampat, Bunaken. Udah itu aja. Mana tau aku ada kawasan Gunung Muntis di NTT, Desa Waerobo di NTT, Pulau Kenawa di NTB, dan daerah-daerah lainnya yang ada di wilayah Indonesia Timur yang di share dalam tayangan Ring of Fire Advanture.

Berikut ini adalah kawasab-kawasan yang benar-benar aku ining kunjungi bila ke Wilayah Indonesia Timur dan harus masuk daftar liburan nantinya (I Wish Ya Allah)

Kawasan Gunung Muntis

 1. Kawasan Gunung Muntis
Aku adalah seorang yang sangat menyukai hal-hal yang berbau Korea. Teman-teman ku sering bilang aku adalah ensiklopedia Korea. Makanya pasti Korea Selatan adalah tujuan utama destinasi untuk liburan. Pengennya siiiih jalan-jalan ke Myongdong, Namsan Tower, trus merasa Yoona atau Suzy yang sedang dipeluk Lee Min Ho dengan suasana romantis dan didukung oleh alam yang indah. Tapi melihat Gunung Muntis, aku merasa gak perlu jauh-jauh ke Korea untuk jadi romantis kalau di Timor, Nusa Tenggara Timur ada kawasan seperti ini. Tinggal tarik aja si Lee Min Ho atau Song Joong Ki udah jadi deh kita berdrama.
Pulau Kenawa
 2. Pulau Kenawa
Siapa yang tak terpesona dengan keindahan Pulau Kenawa yang ada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Hamparan laut yang super biru dan jernih serta rerumputan yang hijau dan bersih, sungguh menjadi tujuan liburan atau bahkan bulan madu dengan orang tersayang. Pengen berenang di lautan luas sampai sepuas-puasnya. Apalagi memang belum banyak yang tahu tentang Pulau Kenawa ini. Yaaahh aku maksudnya yang belum tau kalau gak lihat di Kompas TV.  begitun pun kawan-kawan ku. Ahahahahaha.... ini kita yang kudet lhoooo...



Kampung Ratenggaro

 3. Kampung Ratetanggaro
Ada juga yang aku lihat di acara Ring of Fire Advanture adalah Kampung Ratenggaro dengan rumah adatnya yang khas yaitu atapnya yang menjorong sampai ke langit. Kampung ini mungkin adalah salah satu kampung yang masih menjaga tradisi kebudayaannya dengan sangat baik. Bahkan masih ada kuburan batu yang merupakan peningglan sejarah dari Kampung Ratenggaro ini yang menghadap ke laut yang masih dijaga kelestariannya.  Aku adalah salah satu aktivis Medan Heritage. Wisata heritage adalah salah satu impian ku untuk melihat heritisasi daerah-daeah yang ada di Indonesia. Dan Kampung Ratetanggaro adalah salah satunya.
Mesjid Kuno Bayan Beleq - Lombok NTT
 4. Mesjid Kuno Bayan Beleq
Ada juga Mesjid tua yang ada di Lombok Nusa Tenggara Timur yang bernama Mesjid Kuno Bayan. Dari bagunannya terlihat sangat tua. Sempat penasaran juga siiih ini benar mesjid atau bukan. Kok lebih kayak gubuk yaa?? Tapi lihat-lihat di Internet dan Kompas TV ini beneran Mesjid. Jadi penasaran dengan bangunan ini. Dimana sholatnya, Ngajinya, Menaranya... Yaah gambaran umum sebuah mesjid kan pasti  bangunan dengan kubah dan menara dengan bulan dan bintang diatasnya. Tapi ini lihat. Bangunan segi empat yang terbuat dari tepas kepala yang disebut mesjid kuno Bayan Beleq. Pengen dengar ceritanya juga sejarah mesjid ini langsung dari masyarakat.























No comments:

Post a Comment

Wikipedia Korea Yang Tobat

Aku adalah perempuan dewasa yang sudah berusia kepala tiga. Kegilaan ku terhadap dunia Korean wave dimulai sejak aku SMA kelas 1 ya...