Euistory: Mengentaskan Kemiskinan Melalui Pendidikan (Inovasi Daerahku)

Tuesday 23 August 2016

Mengentaskan Kemiskinan Melalui Pendidikan (Inovasi Daerahku)

Upacara Bendera setiap hari Senin di lapangan upacara SMA Unggulan CT Foundation

Pendidikan adalah jalan utama apabila kita ingin meraih kesuksesan. Misalkan saja ya kalau kita mau jadi dokter, tentu kita harus menempuh jalur pendidikan yang panjang untuk bisa jadi dokter. Mungkin kesuksesan yang diartikan disini adalah kesuksesan dalam bidang akademik. Bukan berarti dalam bidang non akademik tidak memerlukan pendidikan. Tapi saya mengemasnya dalam skala yang lebih spesifik.



Dari data UNESCO Education For All Global Monitoring Report, saat ini pendidikan Indonesia berada di peringkat 69 masih jauh dibandingkan negara-negara maju lainnya. Hal ini terjadi karena masih belum meratanya sistem dan mutu pendidikan di setiap daerah di Indonesia. Banyak terjadi kesenjangan pendidikan antara masyarakat kota dengan masyarakat desa menyebabkan pemeraataan pendidikan belum maksimal. Belum lagi kualitas pengajar baik di kota-kota besar dengan daerah pedalaman Indonesia. Untuk itu banyak gerakan-gerakan dari anak muda Indonesia untuk memajukan kesejahteraan masyarakat, baik itu pendidikan maupun unsur-unsur lainnya seperti yang dilakukan Good News From Indonesia Untuk Indonesia (https://www.goodnewsfromindonesia.id/untukindonesia)
Pendidikan menjadi awal kesuksesan

Banyak anggapan bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mahal. Dalam artian pendidikan yang memiliki staff pengajar yang berkualitas, buku-buku yang terjamin mutu, fasilitas yang super canggih dan lengkap. Hal tersebut membuat masyarakat yang kurang mampu sulit untuk mendapatkan pendidikan yang baik. Padahal banyak potensi daerah yang berkualitas dan calon pemimpin bangsa ini tersimpan dengan baik dalam diri individu masyarakat kelas bawah. Hanya karena mereka tidak mampu untuk bersekolah ke tingkat yang lebih tinggi akhirnya potensi itu hanya tersimpan dengan manis pada diri mereka sendiri.

Akhirnya ada Kabar baik (https://www.goodnewsfromindonesia.id) dari seorang donatur untuk memberikan sebagian rezekinya kepada siswa-siswa kurang mampu namun memiliki prestasi dan kemampuan akademik di atas rata-rata, untuk bersekolah di sekolah unggulan. Di Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara terdapat sebuah sekolah yang bernama SMA Unggulan CT Foundation. Ini adalah sekolah beasiswa penuh untuk siswa-siswi yang berasal dari kalangan kurang mampu namun berprestasi dibidang akademik dan non akademik. Sekolah ini adalah sekolah berasrama yang lebih mengedepankan pendidikan karakter. Hal ini karena Indonesia membutuhkan generasi-generasi bangsa yang memiliki karakter yang tangguh, percaya diri dan berakhlak mulia. Untuk itu SMA Unggulan CT Foundation berdiri yang diprakarsai oleh Chairul Tanjung dan istrinya Anita Ratnasari. Sebagai informasi, Chairul Tanjung merupakan pimpinan dari salah satu grup bisnis terbesar di Indonesia yaitu CT Corp. Perusahaan-perusahaan yang berada di bawah naungan CT Corp adalah, Trans TV, Trans 7, Bank Mega, Transmart Carrefour, Trans Studio Bandung, Detikcom, CNN Indonesia dan masih banyak cabang perusahaan lainnya. Beliau membuat sekolah setingkat SMA untuk menyekolahkan siswa secara gratis baik dari pendidikan maupun biaya hidup. SMA Unggulan CT Foundation adalah sekolah berasrama. Dimana selain pendidikan formal, pendidikan non formal yaitu mengenai kehidupan juga diajarkan di sekolah ini. Tujuan sekolah ini didirikan adalah untuk mengentaskan kemiskinan melalui jalur pendidikan. Memberi kesempatan untuk siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk maju dan berkembang. Hal ini nantinya apabila dia sukses, maka dia dapat memutuskan rantai kemiskinan di keluarganya (lingkup yang paling kecil) kemudian orang-orang disekitarnya (lingkungannya) hingga ke daerah/ bangsanya (lingkup yang lebih besar)
Pimpinan yayasan CT Foundation bekerjasama dengan PTN dalam hal bidikmisi
SMA Unggulan CT Foundation berdiri pada tahun 2010 dan masih aktif hingga sekarang. Selama 6 tahun keberadaannya sudah banyak prestasi yang diraih oleh siswa maupun sekolah. Diantaranya adalah 3 medali perunggu dalam ajang olimpiade sains tingkat nasional, juara umum di berbagai ajang olimpiade sains lokal, juara umum kepramukaan, Juara 1 perpustakaan terbaik se-Sumatera Utara. Bukan hanya prestasi tetapi alumniSMA Unggulan CT Foundation juga banyak yang lulus di universitas-universitas negeri terbaik di Indonesia. Mereka dapat melanjutkan pendidikan di PTN-PTN berkat dukungan dan semangat belajar yang kuat baik dari dalam diri mereka maupun dukungan dari sekolah.  Harapannya semoga lulusan CT Foundation dapat memberikan sesuatu yang dapat mengguncang dunia dengan ilmu pengetahuannya.
Suasana hijau dan asri di SMA Unggulan CT Foundation

Para staff pengajar di SMA Unggulan CT Foundation
Saya sebagai salah satu staff kependidikan yang sudah bergabung selama tiga tahun di SMA Unggulan CT Foundation merasa sangat bangga karena hal ini memberi inspirasi kepada anak muda untuk sama-sama membangun daerahnya melalui pendidikan. Pak Chairul Tanjung dan Ibu Anita Ratnasari memang adalah seorang konglomerat yang memberikan sebagian rezekinya kepada generasi penerus bangsa untuk dapat berkembang dan memutuskan tali kemiskinan yang membelenggu keluarganya. Hal ini menjadi inovasi daerah  seperti yang terdapat pada link ini Inovasi daerah (https://www.goodnewsfromindonesia.id/tag/inovasi-daerah) untuk memberikan inspirasi kepada orang lain untuk sama-sama saling membantu dan bekerjasama dalam hal memajukan pendidikan di Indonesia.
Siswa-siswa SMA Unggulan CT Foundation yang berprestasi
Sejumlah siswa yang berprestasi
SMAU CT Foundation menganut sistem Students Center Learning selain belajar di kelas mereka juga belajar di luar kelas seperti pada gambar, siswa bermain ular tangga sambil belajar
Praktek Bahasa Inggris dalam bentuk drama contest oleh siswa/i SMAU CT Foundation
SMA Unggulan CT Foundation adalah inovasi daerah yang menginspirasi untuk memutuskan rantai kemiskinan melalui jalur pendidikan


Artikel ini diikutsertakan pada Kompetisi Menulis Blog Inovasi Daerahku - https://www.goodnewsfromindonesia.id/competition/inovasidaerahku





Penulis adalah staff di SMA Unggulan CT Foundation. 

No comments:

Post a Comment

Wikipedia Korea Yang Tobat

Aku adalah perempuan dewasa yang sudah berusia kepala tiga. Kegilaan ku terhadap dunia Korean wave dimulai sejak aku SMA kelas 1 ya...